RS MATA RAMATA
  • hello@email.com
  • info@domain.net
  • Add another account...

Gubernur NTB Resmikan Poskesdes Jeringo Persembahan dari INKINDO

 

Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah meresmikan penggunaan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) Jeringo, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat pada Sabtu 9 Maret 2019. Poskesdes Jeringo ini dibangun kembali oleh Ikatan Nasional Konsultan Indonesia (Inkindo) karena rusak diguncang gempa.

Poksesdes Jeringo, seperti disebut adalah Pos Persalinan Desa (Polindes) pertama di NTB. Dulunya, di resmikan langsung oleh Gubernur Warsito, bersama Bupati Lombok Barat, L. Mudjitahid, pejabat dari Kemenkes RI. Lalu menjadi embrio dibangunnya Polindes-Polindes yang tersebar di desa-desa di NTB. Poskesdes Jeringo ini pada gempa di semester II tahun 2018 lalu tak luput dan mengalami rusak parah.

Melihat dari historis keberadaan Poskesdes ini, sekaligus urgensinya, Inkindo kemudian mengambil alih dan membangunnya kembali dengan konsep yang lebih modern. Menggunakan bahan peling berkualitas. Poskesdes Jeringo di bangun dan di lengkapi fasilitasnya, atas kerjasama dengan beberapa mitra Inkindo. BPMKN, Inkindo Jatim, Pogi, Gerbang NTB Emas, Jiyu, Rainbow, Putra Pratama, Kends, Volks Lift, Nippon Paint, Wall Plus.

Pada persemian akhir pekan kemarin, selain gubernur dan jajaran, hadir langsung Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) Inkindo, Ir. H. Peter Frans dan jajaran. Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) Jawa Timur, dan Jogjakarta. Pemilik acara, Ketua DPP Inkindo NTB, Ir. H. Hasmudin dan jajaran, perwakilan Pemkab Lombok Barat.

Peresmian Poskesdes Jeringo mendapat apresiasi dan sambutan syukur, terutama dari masyarakat setempat. Kepala Desa Jeringo, Sahril dalam kesempatan tersebut secara terbuka menyampaikannya.

“Peresmian Polindes (nama dulu) oleh Gubernur Warsito terulang kembali setelah Inkindo membangunkan kami kembali Poskesdes ini yang sebelumnya rusak berat akibat gempa.  Ini menjadi referensi kami meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. tinggal permintaan kami ditempatkan 1 dokter,” demikian Sahril.

Ketua DPP Inkindo, Ir. H. Hasmudin menyebut, Poskesdes Jeringo adalah rangkaian kegiatan peduli Lombok yang dipersembahkan oleh Inkindo tanah air. Berselang tak lama setelah gempa lalu, Inkindo langsung mengambil inisiatif menggerakkan konsultan-konsultan di Indonesia.

Bahu membahu membantu korban gempa, Inkindo kemudian membangun pos pengungsian di Karang Langu, Lombok Utara dan Labu Pandan, Suela Lombok Timur. masing-masing pos pengungsian daya tampungnya lebih dari 100 orang. Selama sebulan untuk masing-masing posko, jajaran Inkindo menjadi relawan menyediakan konsumsi bagi para korban gempa. Kegiatan lain, Inkindo juga membantu melakukan assessment lebih dari 100 sekolah, dan beberapa tempat ibadah, di Kabupaten Lombok Barat khususnya.“Ini bukan yang terakhir. Tekad teman-teman konsultan akan terus berkontribusi, apa yang bisa dan mampu dilakukan,” demikian H. HasmudinKetua Umum DPN Inkindo, Ir. H. Peter Frans memberikan pemahaman tentang Inkindo sebagai sebuah organisasi nirlaba yang menghimpun seluruh konsultan di Indonesia, maupun daerah. Inkindo hadir bagi seluruh masyarakat, terutama yang terkena bencana. Selain membantu langsung dalam setiap bencana di tanah air, Inkindo juga ambil bagian menyalurkan bantuan untuk orang-orang Rohingya di Myanmar melalui PMI.

“Ditingkat pusat, kami juga telah membentuk badan penanggulangan bencana dan pemberdayaan masyarakat yang melakukan penggalangan bantuan bila terjadi bencana,” demikian putra asli NTB ini.

Terakhir, Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah menyatakan sangat senang bersentuhan langsung dengan organisasi seperti Inkindo. Misi pembangunannya NTB Gemilang salah satunya bagaimana menjadikan NTB tempat yang meriah, nyaman, menyenangkan sehingga masyarakat menjadi sehat, cerdas.

“Semoga ini menjadi inspirasi bagi yang lain. Bukan hanya di desa sini saja, tetapi di desa-desa yang lain juga,” kata gubernur.

Ia bahkan meminta Inkindo memfasilitasi pembangunan Poskesdes di seluruh desa. Mengapa? Karena Pemerintah daerah ingin memberikan perioritas khusus kepada konsultan lokal untuk mengerjakan pembangunan yang ada di daerah. Gubernur Dr. Zul, bersama Ketua DPN Inkindo, Ir. H. Peter Frans lalu menandatangani prasasti Poskesdes Desa Jeringo.

 

Publish Time: 2019-03-11 00:00:00
Author: Webmaster
Category: Category 1
Tags: Menjawab Tantangan Masifnya Pembangunan Infrastruktur di RI
Back